Anis Afifah

Kesuksesan bukanlah suatu kebetulan, itu adalah hasil dari suatu kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan cinta...

Selengkapnya
Navigasi Web
Syukur Nikmat

Syukur Nikmat

Tantangan menulis gurusiana hari ke-9

Syukur Nikmat

“Bukan  bahagia yang menjadikan kita bersyukur , tapi bersyukur yang akan membuat hidup kita bahagia”

Kutipan  kata bijak di atas di atas mengingatkan kepada kita betapa pentingnya kita bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita. Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Ibrahim ayat 7, yang artinya “ Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambah ( nikmat) kepadamu, dan  jika kamu mengingkari ( nikmat-Ku), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih” (QS Ibrahim, 14:7).  Salah satu nikmat yang kadang lupa kita syukuri adalah nikmat kesehatan, sehat jasmani maupun rohani. Kita baru menyadari betapa nikmat kesehatan sangat bernilai saat kita sakit. Makanan selezat apapun kadang tidak dapat kita nikmati, ditambah lagi biaya pengobatan yang mahal saat ini. 

Dengan bersyukur kepada Alllah hidup kita akan terasa lebih indah, lebih tenang karena akan terhindar dari sifat iri dan dengki atas pencapaian orang lain, terhindar pula dari berprasangka buruk. Karena sejatinya manusia memiliki sifat selalu merasa kurang atas nikmat yang diterimanya, dan kadang merasa iri atas nikmat yang telah diterima orang lain, ujung-ujungnya menuduh Allah tidak adil.   Manusia sering lupa betapa Allah telah begitu banyak memberikan  nikmatNya. Padahal jika kita mau menghitung berapa banyak nikmat yang Allah berikan tentu saja kita tidak akan mampu. Seperti disebutkan dalam surat An Nahl ayat 18, yang artinya “ Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menghitungnya . Sesungguhnya Allah benar- benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang “( QS An Nahl, 16:18 ).

Ada 3 hal yang harus kita lakukan  ketika menerima nikmat dari Allah:

1. Secara batiniah,  kita harus mengakui telah menerima  nikmat dari Allah.

2. Secara lahiriah, kita mengucapkan syukur atas nikmat itu, bukan sekedar mengucap Alhamdulillah, tapi dengan menjaga nikmat tersebut agar tidak bermaksiat kepada Allah.

3. Harus menjadikan nikmat itu sebagai motivasi untuk lebih giat beribadah kepada Allah.

*Sekedar berbagi

*Dari berbagai sumber

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menginspiratif. Semoga kita selalu Istiqomah dalam bersyukur. Salam kenal dan sehat selalu.

07 Jun
Balas

Aamiin yra...terima kasih Bu, Salam kenal kembali Bu

07 Jun

Terima kasih telah berbagi ilmu Bu..

07 Jun
Balas

Sama-sama Bu...semoga bermanfaat

07 Jun

Salam kenal Bu Marlina...

07 Jun

Sama2 bunda Rika...semoga bermanfaat

07 Jun
Balas

Mantap bun infonya

07 Jun
Balas

Terima kasih bun

07 Jun

Terima kasih bun

07 Jun

Mantap bun infonya

07 Jun
Balas

Terima kasih bun

07 Jun

Mantap bun infonya

07 Jun
Balas

Terima kasih bun

07 Jun

Keren bu. Sangat menginspirasi sekali. Salam literasi.

07 Jun
Balas

Terima kasih Bu...Slsam Literasi. Salam kenal Bu

07 Jun

Kereen... tausiyah nya ...makasih sudah berbagi ilmu bunda Anis

07 Jun
Balas

Terima kasih Bun, semoga bermanfaat

07 Jun



search

New Post